Header Ads

Peringati Hari Kemerdekaan, Shaggydog Rilis Putra Nusantara Dalam Format Digital

Photo/Teks: DoggyHouse Records
INFO EVENT GIGS - Setelah bergelut selama hampir 3 tahun, akhirnya Shaggydog kembali dengan album baru bertajuk Putra Nusantara. Suatu perjuangan yang panjang dan lama untuk mewujudkan album ke enam ini, mulai dari mendirikan DoggyHouse Records sampai mengurusi tetek bengek keperluan rekaman dan promosi. Ya, ke enam musisi asal Sayidan ini memilih untuk kembali mandiri.


Akan ada 12 lagu yang dirilis format digital tepat pada hari kemerdekaan Indonesia. Sebagian mungkin terdengar familiar karena sudah dirilis sebelumnya dalam beberapa single terpisah maupun kompilasi semisal Putra Nusantara, Bolamania atau Kamu Di Hatiku. Akan tetapi keseluruhan materi tersebut direkam kembali di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja oleh sound engineer ternama Jogjakarta, Eko "Pak Ting" Supriyanto, serta dimastering di Abbey Road Studio, London, oleh Andy Walter.



Tampak sisi musikalitas Shaggydog yang mereka sebut "Doggy Stylee" terdengar berkembang lebih luas di album terbaru ini. Ke enam bartender ini berani meracik genre musik lain ke dalam adukan khas Ska dan Reggae mereka. Mulai dari Rap, Jazz, Dub, Elektronika sampai Suluk (tembang berbahasa Jawa) terdengar berpadu-padan dengan mesra.



Beberapa musisi lain turut membantu proses perkembangan sisi musikalitas di album ini. Semisal Iwa K yang nge-Rap di lagu Putra Nusantara serta Sujiwo Tejo dengan permainan saksofon dan menembangkan Suluk untuk Pion. Ada juga Riri "Everyday" yang menyumbangkan vokal latar-nya yang nge-Jazz pada Kamu Di Hatiku juga Danar "Souljah" sebagai vokalis tamu pada beberapa lagu. Terdengar pula tehnik scratch dari DJ Kateratchy di Bianglala serta alunan harmonika musisi dari Jepang, Tony The Weed, pada Kere Hore.



Tidak hanya melibatkan seniman musik, Shaggydog juga melibatkan seniman bidang lain untuk album ini. Adalah Agan Harahap yang selama ini dianggap sebagai maestro seni Photoshop di Indonesia yang didapuk sebagai artworker untuk cover depan album Putra Nusantara. Berbeda dengan keahlian yang selama ini membuatnya dikenal, Agan membuat sebuah pendekatan lain yaitu tehnik arsir dan gradasi dalam mereka ulang arti kata Putra Nusantara.



Shaggydog juga melepas sebuah single yang berjudul sama dengan album ini secara serentak ke media radio mulai 17 Agustus 2016. Sekilas lagu gacoan ini memang terdengar berbeda dengan karakteristik musik Shaggydog, hal ini seakan menunjukkan perkembangan mereka. Lirik tembang yang mengkritisi laju pembangunan dan beberapa permasalahan-nya bagi generasi muda ini membalut koor murid SD di akhir lagu.


Video klip Putra Nusantara yang digarap oleh Sidharta Tata (Kebon Studio) juga akan ditayangkan mulai 17 Agustus 2016 melalui akun YouTube Shaggydog di:


Album Putra Nusantara yang dirilis 17 Agustus 2016 ini tersedia dalam format digital yang bisa dibeli melalui link:



Sementara itu, format fisik dari album Putra Nusantara akan dirilis kemudian dalam bentuk CD dan piringan hitam disertai dengan promo tour ke beberapa kota.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.